Pandemi COVID-19, Santri Ponpes Al-Masthuriyah Sukabumi Dipulangkan

PANDEMI virus Corona (COVID-19) berimbas kepada dunia pendidikan di Indonesia, contohnya sebagian pondok pesantren terpaksa meliburkan kegiatan santrinya selama penanganan serangan penyakit tersebut.

Salah satu yang terpaksa meliburkan santri adalah Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Masthuriyah, Sukabumi. Pihak pondok memutuskan untuk meliburkan dan memulangkan santrinya demi mencegah penularan COVID-19 .

“Berdasarkan komunikasi dengan pimpinan unit dan pimpinan pesantren, maka dapat kami sampaikan bahwa mayoritas pimpinan unit mengusulkan untuk santri dipulangkan,” ujar salah satu pembimbing santri putri Ponpes Al-Masthuriyah, Ustadzah Vera Fachriyah saat dihubungi Okezone, Selasa (31/3/2020).

Putri dari mantan Wakil Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Endin Fachruddin Masturo ini mengatakan, santri dipulangkan sejak 21 Maret 2020 dan direncanakan masuk lagi pada 11 April 2020.

“Sehubungan masih diberlakukannya masa darurat COVID-19 di wilayah Propinsi Jawa Barat khususnya, maka kami sampaikan bahwa Proses Pembelajaran di Rumah bagi seluruh santri (mukim dan tidak mukim) Pesantren Al-Masthyauriyah Sukabumi, diperpanjang sampai dengan tanggal 11 April 2020 (semula sampai 5 April 2020),” terangnya.

Lebih lanjut, kata Vera, kembalinya kegiatan belajar dan mengajar di Ponpes Al-Masthuriyah ini menyesuaikan dengan perkembangan pandemi COVID-19, dan pihak pondok berusaha melindungi para santri agar tetap terjaga kesehatannya. 

“Untuk selanjutnya akan ditentukan, kemudian sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi yang ada serta arahan dan maklumat yang disampaikan oleh pihak-pihak yang berkompeten dalam masalah penanganan dan pencegahan wabah COVID-19 ini,” ucapnya.

Ponpes Al-Masthuriyah didirikan oleh KH. Masthuro di Kampung Tipar, Desa Cibolangkaler, Cisaat, Sukabumi, pada 1920 . Pensantren ini dijuliki Pensatren Tipar.

Facebook Comments

Your Comment:

Related Posts

News

PENERIMAAN MAHASISWA BARU STAI AL-MASTHURIYAH SUKABUMI

Sukabumi – Salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Sukabumi membuka kesempatan bagi warga Sukabumi yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yakni Strata-1.Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Masthuriyah Sukabumi, hadir dengan program studi S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam, Pendidikan Agama Islam dan Hukum Ekonomi Syariah.bagi calon mahasiswa. Pendaftaran sendiri dibuka dalam 1 […]

Facebook Comments

News

KH Abubakar Sidik Ungkap Makna Minal ‘Aidin wal Faizin

Wakil Ketua PWNU Jawa Barat KH Abubakar Sidik mengungkapkan istilah yang seringdikaitkan dengan Idul Fitri yaitu minal ‘aidin wal faizin. Menurut salah seorang pengasuh di Pondok Pesantren Al-Masthuriyah Kabupaten Sukabumi ini, ada yang memaknai Idul Fitri dengan kembali ke fitrah, ke kesucian dasar. “Oleh karena itu, sesama umat Islam saling mendoakan, ‘semoga Anda termasuk yang kembali (ke[…]

Facebook Comments